Rabu, 27 Februari 2013

Tatanan Masyarakat Sehat Mandiri


2.   Monitoring dan Pembinaan Tatanan Kehidupan Masyakat Sehat  Mandiri
Untuk Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri Forkom melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya:
a)          Monitoring dan Pembinaan Kegiatan Posyandu
b)          Kegiatan dan Pembinaan Posbindu
c)          Kegiatan PSN dan Pembinaan Jumantik
d)          Monitroing Kegiatan Pelayanan KB
a)     Monitoring dan Pembinaan Kegiatan Posyandu
Posyandu adalah salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh dan untuk  masyarakat guna memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Kegiatan monitoring dan Posyandu ini dilaksanakan setiap 3 hari sebelum tanggal 27 , atau tepat tanggal 27 dan atau 3 hari setelah tanggal 27 yang merupakan tanggal gebyar posyandu setiap bulannya. Dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari bimbingan petugas kesehatan dan lintas sektor terkait.
Dari hasil monitoring diperoleh kesimpulan bahwa Pelayanan kesehatan dasar yang diberikan di Posyandu  mencakup beberapa kegiatan yaitu ;
1.   Upaya Perbakan Gizi Keluarga
2.   Pemeliharaan Kesehatan Ibu hamil, ibu menyusui, Pel.KB         
3.   Pelayanan Imunisasi dan Penanggulangan Diare.
Dalam perkembangan selanjutnya Posyandu mampu meningkatkan berbagai kegiatan UKBM lain yang mendukung dan dilaksanakan secara bersama-sama dengan kegiatan sebelumnya, sehingga keberadaanya makin dibutuhkan oleh masyarakat.
TABEL. III
JUMLAH  POSYANDU DI KECAMATAN CENGKAREN

NO
KELURAHAN
JUMLAH POSYANDU
1
Cengkareng Barat
28
2
Cengkareng Timur
23
3
Kapuk
32
4
Kedaung Kaliangke
15
5
Rawa Buaya
15
6
Duri Kosambi
27
Jumlah
140

Tingkat keberhasilan kegiatan Posyandu sangat dipengaruhi oleh semangat kerja dan kesungguhan para kadernya. Pada umumnya Posyandu memiliki 8-10 orang kader yang bekerja secara sukarela, mereka dengan tulus ikhlas rela menyumbangkan seluruh tenaga dan pikiran untuk meningkatkan kesehatan masyarakat terutama kesehatan Ibu. Bayi dan Balita. Jumlah Kader Posyandu/kader PKK di Kecamatan Cengkareng Pada Tahun 2011 ada sebanyak 968 Kader dan Tahun 2012 Meningkat jadi 991 Kader.
Kegiatan Posyandu yang dilakukan rutin setiap bulan tidak terlepas dari pembinaan oleh para petugas maupun lintas sektor yang terkait, antara lain  Pak Camat , TP PKK Kecamatan Cengkareng, Puskes, PLKB dan sektor terkait.
Prestasi yang dicapai dalam kegiatan Lomba Posyandu adalah :
Juara I Lomba Posyandu Tingkat Kota Administrasi Jakartta Barat tahun 2012 yaitu Posyandu Delima Putih RW.03.

a.   Monitoring dan Pembinaan Kegiatan Posbindu
Monitoring dan pembinaan kegiatan ini dilaksanakan setiap bulan di lokasi Posbindu ,adapun tujuan dari pembinaan Kegiatan ini adalah untuk membantu kader agar lebih optimal dalam  mendeteksi dini/skrining penyakit tidak menular pada masyarakat berusia 18 tahun ke atas. Di Kecamatan Cengkareng terdapat 18 Posbindu.
Dari hasil monitoring dan pembinaan bahwa Proses pelaksanaan posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) tidak jauh beda dengan pelaksanaan posyandu. Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) terdiri dari 5 Meja, yaitu:
a.                    Meja Pendaftaran
b.                    Meja Wawancara
c.                    Meja Pengukuran Faktor Resiko
d.                    Meja Konseling
e.                    Meja Pecatatan dan Pelaporan

b.       Monitoring Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)
                Monitoring Kegiatan PSN ini dilaksanakan setiap jumat dengan melibatkan berbagai sector , tujuan dari kegiatan monitoring kegiatan ini agar dapat memantau kondisi wilayah sekaligus memberikan motivasi kepada masyarakat untuk membiasakan hidup bersih dan sehat (PHBS) di tingkat rumah tangga. Salah satu kegiatan pencegahan adalah dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan  3 M Menguras, Menutup dan Mengubur barang-barang bekas  yang dilaksanakan setiap hari Jum'at oleh warga dan dipantau oleh para Jumantik (Juru Pemantau Jentik).
        Tempat-tempat yang dilakukan kunjungan  bersama kader jumantik adalah : Rumah Tangga, Perkantoran, Sarana Pendidikan, Tempat-tempat umum, Tempat Olah Raga, Penjual Makanan, dan Sarana Kesehatan.
c. Monitoring Kegiatan pelayanan KB
        Monitoring kegiatan pelayanan KB secara rutin dilaksanakan setiap bulan ditambah dengan jadwal – jadwal pelayanan KB gratis pada momen- monen tertentu , seperti Pelayanan KB gratis saat Hari Ulang Tahun Ibu Kota Jakarta, Saat Acara TNI Manunggal KB dan Pada Saat Hari Kesatuan Gerak PKK.
Kegiatan KB  ini dalam pelaksanaannya melibatkan Pak Camat , Lurah, PLKB, Kasie di Kecamatan Cengkareng, Anggota Forum Kota Sehat, Formapel, Pelaku Usaha,Organisasi Masyarakat, RW, RT dan Karang Taruna serta masyarakat yang ada diwilayah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar